Top Ad unit 728 × 90

Terkini

recents

Ternyata Cadar Hukumnya Tidak Wajib

Ternyata Cadar Hukumnya Tidak Wajib
Oleh: Amal Khairat, Lc.*

Pada sebuah video yang di unggah di Youtube yang menghadirkan Dr. Zakir Naik dan Dr. Salah dalam menanggapi sebuah pertanyaan dari seorang perempuan disebuah stasiun TV berkenaan dengan hukum memakai cadar. Wanita ini mengatakan bahwasaanya pada satu kesempatan Dr.Salah mengatakan memakai cadar hukumnya wajib, namun dalam satu kesempatan yang lain ia juga mendengar bahwasaanya Dr. Zakir Naik mengatakan hukum cadar tidaklah wajib karena tidak ada satupun hadis yang shohih mengataknnya. Wanita ini kemudian meminta penjelasan terhadap apa yang ia dengar terhadap perbedaan pendapat dua ulama ini.

Pada kesempatan pertama Dr.Salah menjelaskan bahwasanya memang benar kalau ada perbedaan pendapat ulama dalam hal ini. Dalam perbedaan pendapat ini kebanyakan ulama lebih menganjurkan memakainya, bahkan pendapat yang paling kuat mengindikasikan bahwa memakai cadar  hukumnya wajib.

Beliau berdalil, Ketika seorang wanita menunaikan Haji, maka haram baginya menutupi wajah pada saat ihram. Nah ini membuktikan kalau dalam keadaan biasa, seorang wanita muslim menutup mukanya.

Kemudian Dr.Salah menambahkan bahwa sebagian ulama hanya menganjurkan memakai cadar di saat akan terjadi fitnah antara lawan jenis.  Maka kita meilhat di zaman ini tidak ada fitnah yang terbesar melainkan fitnah wanita. Misalnya anda memiliki wajah yang sangat cantik, dan 90% pusat kecantikan wanita itu terletak pada wajah nya.

Dr.Zakir Naik sependapat dengan Dr. Salah kalau mayoritas ulama tidak mewajibkan cadar namun hanya menganjurkannya. Dr. Zakir Naik lebih cenderung mengikuti pendapat Syeikh Al Bani yang mengatakan cadar tidaklah wajib. Ada 20 alasan yang beliau kemukakan kalau cadar itu tidaklah wajib.

Dr. Zakir Naik sedikit mengkritik hujjah (dalil) yang dibawakan Dr.Salah,  mengatakan bahwasannya ketika ihram seorang wanita dilarang menutupi wajahnya, hal ini mengindikasikan dalam keadaan biasa wanita diwajibkan menutup wajah nya. Hal ini kurang tepat, sebab, banyak hal yang dilarang ketika ihram tidaklah serta-merta wajib dalam keadaan biasa. Misalnya memotong kuku, ketika seorang sedang menunaikan Haji dan Umrah diharamkan baginya memotong kuku. Nah apakah memotong kuku hukum asalnya wajib? Tidak, hukum asal  memotong kuku saat keadaan biasa hanyalah mubah. Sangat banyak hal-hal sunnah dan mubah awalnya, namun menjadi haram saat ihram. Namun tidak ada satu halpun yang wajib menjadi terlarang saat ihram. Jadi menutup wajah ketika dilarang saat ihram, hukum asalnya tidaklah wajib.

Kemudian tidak ada satupun dalil dari ayat dan hadis yang shohih yang mengatakan memakai cadar adalah wajib.

Kemudian tentang pusat kecantikan seorang wanita. Beliau tidak sepakat kalau pusat kecantikan seorang wanita adalah wajah. Anggap saja kalau pusat kecantikan wanita itu memang wajahnya, justru hal yang paling menarik dari wajah adalah mata ( namun ketika memakai cadar, matalah yang terlihat_pent).

Berdasarkan sebuah penelitian, ketika laki-laki memperhatikan wanita, 60% dari mereka melihat payudara bukan wajah. Oleh karena itu dalam Al-quran disebutkan agar para wanita menjulurkan jilbabnya kearah dada.

Sebagaimana juga dalam sebuah hadis disebutkan bahwasaanya jika seorang wanita telah mencapai akil baligh maka tidak boleh melihatnya kecuali wajah dan telapak tangan.

Kesimpulan:
  1. Hukum memakai cadar tidaklah wajib, namun yang diperintahkan adalah menjulurkan jilbab hingga ke dada.
  2. Kalau dengan memakai cadar akan menimbulkan fitnah yang baru, maka meninggalkannya lebih utama, berdasarkan kaedah fiqih mengatakan " sebuah kemudharatan harus dihapus". 
  3. Syarat cadar sangat di anjurkan:
    1. Seorang wanita yang sangat cantik, benar-benar sangat cantik.
    2. Akan menimbulkan fitnah kalau tidak memakainya. Misalnya di tempat yang semua perempuan nya memakai cadar.
Silahkan lihat vidionya di sini youtube.com

________________________________
*(Mahasiswa Pasca Sarjana, Tamhidi 1, Jurusan Fiqih 'Am, Fakultas Syariah Wal Qonun, Universitas Al Azhar)
Ternyata Cadar Hukumnya Tidak Wajib Reviewed by Dangau Modern on 1:27 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Menara Azhar © 2014 - 2015
Design by Dangau Modern | Rouwaq Azhar : MenaraAzhar.Com

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.