Top Ad unit 728 × 90

Terkini

recents

Tentang Menara

بسم الله الرحمن الرحيم
MenaraAzhar.Com

Segala puji bagi Allah Swt, atas ni’mat iman dan islam, dan itulah ni’mat teragung yang dikaruniakanNya pada kita. Shalawat dan salam buat suri tauladan, Rasulullah shalallah ‘alaihi wasallam.

“Tulislah olehmu tulisan, yang membuatmu berbahagia melihatnya di akhirat nanti”. Sepenggal kata hikmah yang mendorong kami untuk berkontribusi untuk ranah minang, saat jarak memisahkan kami dengan ranah bundo lantaran memenuhi kewajiban sebagai kaum muslimin, menuntut ilmu. Dari negri para Rasul dan Nabi, kami berusaha untuk merangkumkan kumpulan fikiran yang terlintas dan menuangkannya dalam susunan kata, yang dirangkai dalam kalimat sebagai hasil dari bacaan kami. Sebagai anak minang yang tengah dibentuk di lembaga pendidikan tertua di dunia, Universitas Al Azhar, tentunya kami akan berusaha mengetangahkan setiap permasalahan dalam prinsip moderat, alwasathiyah. Prinsip yang diusung Al Azhar selama berabad abad. Yaitu memahami agama ini jauh dari pemahaman yang ekstrim atau menggampangkan agama.

Dalam perjalanan waktu selalu ada menyisakan permasalahan yang menuntut kita untuk bertanya kepada para Ulama, agar kita tidak gegabah dalam melihat setiap hal yang belum kita ilmui dan fahami dalam kehidupan. Apalagi disaat agama telah menjadi sesuatu yang nyaris kehilangan kesakralkanya, kita temukan semua orang bebas bericara masalah agama, berfatwa, walau ia tak pernah memeplajari ilmu secara mendalam  atau tak pernah sama sekali. Sebab itulah Alqur’an memerintahkan kita untuk menanyakan sesuatu yang tidak kita fahami kepada para ulama. Dan Alqur’an juga menjunjung tinggi orang yang berilmu. Sebagai bukti bahwa antara orang berilmu tak sama derjat dengan orang yang tak berilmu.

Disini kami akan mengetengahkan hasil bacaan dan telaah kami dari karangan karangan para ulama Al Azhar, sebagai rujukan yang moderat dalam memahami Syari’at ini zaman sekarang. Kami bukan menterjemahkan secara harfiyah akan tetapi merangkumnya dalam bentuk kesimpulan tanpa merusak inti tulisan,yang tentunya dengan mengedepankan permasalahan- hal yang sering diperdebatkan dikalaangan masyarakat awam umumnya- yang telah dikaji secara mendalam oleh ulama al Azhar. Kami bukanlah lembaga fatwa yang  memutuskan hukum syar’iy, dan bukan karna itu kami dibentuk, kami hanyalah kumpulan anak rantau yang berusaha menjadi jembatan ilmu bagi masyarakat minang yang awam dalam bahasa arab, atau mampu berbahasa arab akan tetapi khazanah perpustakaan di kampung halaman tidak memiliki koleksi kitab kitab kontemporer, yang ditulis ulama dengan bahasa dn kajian kekinian.

Sekali lagi kami bukanlah para ulama yang berbicara dengan ilmu, dan kami juga buka mufti yang bisa menjelahkan hukum syar’yi mana yang halal mana yang haram, sekali lagi bukan, tapi kami hanyalah anak rantau yang diberi amanah oleh ALLAH untuk menimba ilmu syar’iy di al Azhar, lembaga pencetak ulama tertua di dunia. Sebagai pelajarnya, kami terpanggil untuk memberi keranah minang. Sebuah usaha kecil dan sangat jauh dari kesempurnaan, yang kami lakukan demi mejawab panggilan hati, untuk memberi dan berkontribusi untuk ranah bundo. Semoga kumpulan tulisan ini ada manfaatnya bagi sanak saudara kami di kampong halaman, dan semoga kami dituntun Allah untuk ikhlas dalam beramal dan istiqamah dalam berjuang.

Wassalam,



Menara Azhar.

Tentang Menara Reviewed by Dangau Modern on 9:51 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Menara Azhar © 2014 - 2015
Design by Dangau Modern | Rouwaq Azhar : MenaraAzhar.Com

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.